Normalisasi Harga Penetrasi
![]() |
Normalisasi Harga Penetrasi |
Normalisasi harga penetrasi adalah proses yang kita gunakan untuk mengubah harga penetrasi yang telah kita tentukan sebelumnya menjadi harga yang lebih wajar atau sesuai dengan pasar.
Saya pernah menuliskan tentang strategi penentuan harga. Di dalam artikel tersebut ada satu jenis strategi penentuan harga yang namanya harga penetrasi.
Harga penetrasi sendiri memiliki tujuan menetapkan harga rendah pada produk baru untuk menarik konsumen dan meningkatkan pangsa pasar.
Tentu saja dengan menetapkan harga terendah mempunyai beberapa kelemahan.
Kelemahan Harga Penetrasi
Dengan menetapkan harga dengan ukuran terendah keuntungan yang kita dapat pun akan rendah. Walaupun pada akhirnya yang kita dapat adalah perputaran yang cepat.
Satu tahun lalu sekitar tahun 2019 sampai tahun 2022 awal, banyak sekali perusahaan rintisan yang bermunculan.
Misalnya dalam perusahaan makanan, mereka menjajakan produk mereka dengan fasilitas online juga dengan harga yang rendah. Dan pada akhirnya banyak dari mereka yang gulung tikar. Baca Kata Data
Walaupun bukan hanya harga penetrasi yang membuat mereka seperti ini. Tapi dengan memasuki masa awal harga penetrasi maka kita harus bersiap-siap untuk menghadapi resiko yang ada.
Selanjutnya strategi ini menimbulkan kesulitan menaikkan harga. Salah satu alasan inilah yang akan menjadi bahasan kita bagaimana cara nya untuk normalisasi harga penetrasi.
Saya sendiri waktu awal-awal sering sekali beli makanan online karena menawarkan harga yang rendah. Akan tetapi sekarang sudah agak berbeda karena harganya sudah tinggi dan saya sudah terlanjur terbiasa dengan harga yang rendah.
Tidak hanya itu kelemahan dari harga penetrasi adalah menimbulkan persaingan yang kurang sehat. Dan parahnya kita menjadi tidak bebas serta malah kesulitan untuk mengelola biaya produksi dan biaya distribusi karena keuntungan yang rendah.
Strategi Normalisasi Harga Penetrasi
Ada beberapa strategi untuk normalisasi harga penetrasi ini yaitu dengan;
Menaikkan harga
Seiring waktu kita bisa menaikkan harga dengan bertahap. Mengapa seperti itu karena menghindari pesimisme pasar.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika menaikkan harga adalah dengan;
a. Memberikan pemberitahuan kepada pelanggan tentang kenaikan harga sebelumnya
b. Menjelaskan alasan kenaikan harga seperti kenaikan biaya produksi atau peningkatan layanan
c. Menawarkan paket khusus atau diskon untuk pelanggan yang memesan sebelum kenaikan harga
d. Menawarkan solusi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau.
Dengan melakukan komunikasi yang efektif dan transparan tentang kenaikan harga, kita dapat meminimalkan kekecewaan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Menambah nilai tambah pada produk atau jasa
Selanjutnya tidak hanya menaikkan harga begitu saja. Akan tetapi kita juga dapat menambahkan fitur atau layanan ekstra untuk meningkatkan nilai produk atau jasa dan membedakannya dari pesaing.
Menekan biaya produksi
Dalam hal ini kita bisa mencari keseimbangan antara menambah nilai tambah pada produk atau jasa dengan menekan biaya produksi.
Ada hal-hal yang perlu kita analisis seperti;
a. Menggunakan bahan baku yang lebih efisien.
b. Mencari pemasok yang lebih baik
c. Mengoptimalkan proses produksi
Membuat merek yang kuat sebagai strategi normalisasi harga penetrasi
Selanjutnya membuat merek yang kuat dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat produk atau jasa lebih diinginkan daripada produk atau jasa pesaing yang sama dengan harga yang lebih rendah.
Membuat komunikasi yang efektif
Dalam hal ini Membuat komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan mengevaluasi kualitas layanan yang kita berikan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.
Banyak sekali sekarang perusahaan-perusahaan rintisan yang menggunakan media sosial seperti instagram, tik-tok, untuk komunikasi secara langsung dengan pelanggan mereka.
Kesimpulan
Harga penetrasi adalah teknik yang berguna bagi kita untuk memasuki pasar dengan menawarkan harga yang lebih rendah dari pesaing.
Namun, harga penetrasi juga memiliki kelemahan seperti menurunkan margin keuntungan dan dapat menimbulkan persepsi negatif dari pelanggan.
Kita membutuhkan cara untuk menormalisasi harga penetrasi ini. Jika pembaca mempunyai pengalaman lain dapat menuliskannya di kolom komentar.
Belum ada Komentar untuk "Normalisasi Harga Penetrasi"
Posting Komentar